PENGAMBILAN BPKB

Rich Text Editor:

         Efektif tanggal 1 September 2020, Anda wajib melakukan Reservasi Pengambilan BPKB terlebih dahulu sebelum Anda dapat mengambil BPKB di BCA Finance. Reservasi Pengambilan BPKB dapat dilakukan melalui BCA Finance App bit.ly/BCAFapps, Chatbot Astari dan bit.ly/webchatBcaf

Kami sarankan kepada Anda untuk selalu memonitor jangka waktu berakhirnya pinjaman Anda di BCA Finance yang dapat Anda lihat pada Perjanjian Pembiayaan Konsumen. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari biaya penyimpanan BPKB setelah seluruh kewajiban dilunasi.

BCA Finance akan mengenakan biaya penyimpanan BPKB yang dihitung sejak hari ke-91 kalender dari tanggal pelunasan sampai dengan tanggal pengambilan BPKB sesuai dengan ketentuan yang berlaku (nominal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu).

Sebaiknya lakukan pengambilan BPKB dalam jangka waktu maksimum 90 hari kalender, sejak tanggal pelunasan kredit kendaraan Anda di BCA Finance.

 

Berikut panduan Reservasi Pengambilan BPKB melalui BCA Finance App:


 

\

Syarat-syarat pengambilan BPKB adalah :

  1. Pengambilan BPKB Oleh Konsumen Sendiri.

Pengambilan BPKB dilakukan oleh Anda sendiri, sebagai Konsumen yang namanya tercantum pada Perjanjian Pembiayaan Konsumen :

      1. Melampirkan KTP/Paspor Asli yang masih berlaku dengan data yang sama.
      2. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Alamat jika alamat KTP saat ini berbeda dengan alamat KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload Surat Pernyataan Beda Alamat Klik Disini.
      3. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Nama dan Asli Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Beda Nama dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika ada perbedaan nama di KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload Surat Pernyataan Beda Nama Klik Disini.
      4. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir serta melampirkan Surat Keterangan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika ada perbedaan nama di KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload Surat Pernyataan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir Klik Disini.
      5. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Tanda tangan jika ada perbedaan pada KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload surat keterangan beda tanda tangan Klik Disini.
      6. Melampirkan bukti kuitansi pelunasan dipercepat asli atau kuitansi pembayaran asli angsuran terakhir (lunas normal).

 

  1. Pengambilan BPKB Dikuasakan Perorangan.

Apabila Anda menunjuk seorang wakil/kuasa untuk melakukan pengambilan BPKB atas nama pinjaman Anda di BCA Finance.

Syarat-syarat pengambilan BPKB yang diwakilkan/dikuasakan diambil oleh pihak lain adalah :

      1. Menyerahkan asli surat kuasa sesuai format BCA Finance dan bermaterai (Rp 10.000,-) dari konsumen kepada penerima kuasa. Untuk mendownload surat kuasa Klik Disini
      2. Penerima kuasa sudah cakap hukum (minimum usia 21 tahun atau pernah menikah).
      3. Jika konsumen sedang berada di luar negeri, menyerahkan asli surat kuasa sesuai format BCA Finance dan wajib dilegalisasi oleh Notaris Publik dan KBRI Negara setempat.
      4. Data pada surat kuasa harus sama dengan KTP/Paspor yang dilampirkan (penulisan nama, gelar, alamat harus sama dengan identitas).
      5. Melampirkan KTP/Paspor  asli yang masih berlaku atas nama konsumen (pemberi kuasa) dan penerima kuasa.
      6. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Alamat jika alamat KTP saat ini berbeda dengan alamat KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload Surat Pernyataan Beda Alamat Klik Disini.
      7. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Nama dan Asli Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Beda Nama dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika ada perbedaan nama di KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload Surat Pernyataan Beda Nama Klik Disini.
      8. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir serta melampirkan Surat Keterangan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika ada perbedaan nama di KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload Surat Pernyataan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir Klik Disini.
      9. Melampirkan Surat Pernyataan Beda Tanda tangan jika ada perbedaan pada KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload surat keterangan beda tanda tangan Klik Disini.
      10. Melampirkan bukti kuitansi pelunasan dipercepat asli atau kuitansi pembayaran asli angsuran terakhir (lunas normal).
      11. Pemberi kuasa harus menandatangani surat kuasa diatas materai (Rp.10.000). Tanda tangan pemberi kuasa pada surat kuasa harus sama dengan tanda tangan pada identitas asli yang dilampirkan.
      12. Penerima kuasa harus menandatangani surat kuasa yang sama, berdampingan dengan tandatangan pemberi kuasa.
      13. Pemberi kuasa (Konsumen) harus dapat dikonfirmasi melalui telepon oleh petugas Customer Service BCA Finance.
      14. Masa berlaku surat kuasa adalah 30 hari kalender terhitung dari tanggal pembuatan surat kuasa.

 

  1. Pengambilan BPKB Badan Hukum / Badan Usaha Oleh Pengurus Badan Hukum / Badan Usaha.
    1. Menunjukkan Asli Kartu Identitas pengurus yang mengambil BPKB.
    2. Jika pengurus yang mengambil BPKB tersebut belum diangkat pada saat penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Multiguna/Investasi atau jika masa berlaku akta pengurus / penambahan pengurus telah berakhir, maka wajib menyerahkan dokumen sebagai berikut:
      1. Copy Akta Perubahan pengurus dan pelaporannya ke Kementerian Hukum dan HAM atau Cover Note terbaru dari Notaris apabila pelaporan tersebut sedang dalam proses.
      2. Usia Cover Note terbaru maksimum 30 (tiga puluh) hari kalender sejak dikeluarkan oleh notaris.
    3. Akan dilakukan konfirmasi kepada pihak yang berwenang dalam perusahaan yaitu HRD / Legal / Pemegang saham di badan hukum / badan usaha terkait.
    4. Melampirkan surat pemberitahuan perbedaan nomor telepon fixline Perusahaan oleh pengurus Badan Hukum / Badan Usaha yang berhak mewakili perusahaan jika ada perbedaan nomor telepon fixline di kop surat perusahaan dengan nomor telepon fixline saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload surat pemberitahuan Klik Disini.
    5. Melampirkan surat pernyataan perbedaan stempel perusahaan oleh pengurus Badan Hukum / Badan Usaha yang berhak mewakili perusahaan jika ada perbedaan bentuk, ukuran dan warna stempel perusahaan terbaru dengan stempel perusahaan saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload surat Pernyataan Klik Disini.
    6. Melampirkan Asli Surat Keterangan Domisili Perusahaan terbaru jika alamat perusahaan di kop surat perusahaan dengan alamat perusahaan saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance atau jika masa berlaku Surat Keterangan Domisili Perusahaan telah berakhir.

 

  1. Pengambilan BPKB Badan Hukum / Badan Usaha Yang Dikuasakan.
    1. Asli kartu identitas pengurus yang berhak mewakili perusahaan.
    2. Asli kartu identitas penerima kuasa.
    3. Menyerahkan Asli Surat Kuasa dengan menggunakan kop surat atau stempel perusahaan dan bermaterai (Rp 10.000) yang ditandatangani oleh pengurus berdasarkan anggaran dasar kepada penerima kuasa.
    4. Jika pengurus yang mengambil BPKB tersebut belum diangkat pada saat penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Multiguna/Investasi atau jika masa berlaku akta pengurus / penambahan pengurus telah berakhir, maka wajib menyerahkan dokumen sebagai berikut:
      1. Copy Akta Perubahan pengurus dan pelaporannya ke Kementerian Hukum dan HAM atau Cover Note terbaru dari Notaris apabila pelaporan tersebut sedang dalam proses.
      2. Usia Cover Note terbaru maksimum 30 (tiga puluh) hari kalender sejak dikeluarkan oleh notaris.
    5. Akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pihak yang berwenang dalam perusahaan yaitu HRD / Legal / Pemegang saham di badan hukum / badan usaha terkait.
    6. Melampirkan surat pemberitahuan perbedaan nomor telepon fixline Perusahaan oleh pengurus Badan Hukum / Badan Usaha yang berhak mewakili perusahaan jika ada perbedaan nomor telepon fixline di kop surat perusahaan dengan nomor telepon fixline saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload surat pemberitahuan Klik Disini.
    7. Melampirkan surat pernyataan perbedaan stempel perusahaan oleh pengurus Badan Hukum / Badan Usaha yang berhak mewakili perusahaan jika ada perbedaan bentuk, ukuran dan warna stempel perusahaan terbaru dengan stempel perusahaan saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance. Untuk mendownload surat Pernyataan Klik Disini.
    8. Melampirkan Asli Surat Keterangan Domisili Perusahaan terbaru jika alamat perusahaan di kop surat perusahaan dengan alamat perusahaan saat pengajuan pembiayaan di BCA Finance atau jika masa berlaku Surat Keterangan Domisili Perusahaan telah berakhir.
    9. Masa berlaku surat kuasa adalah 30 hari kalenderterhitung dari tanggal pembuatan surat kuasa.

 

  1. Pengambilan BPKB Dilakukan Oleh Ahli Waris.

Apabila pengambilan BPKB Konsumen dikuasakan oleh ahli waris yang telah ditunjuk.

Syarat pengambilan BPKB yang dilakukan oleh semua ahli waris konsumen adalah :

      1. Asli Kartu Identitas seluruh ahli waris
      2. Asli Kutipan Akta Kematian yang dikeluarkan oleh Pejabat Pencatatan Sipil atau Surat Keterangan Kematian yang dikeluarkan oleh kelurahan
      3. Asli Kartu Keluarga Konsumen
      4. Asli Akta Perkawinan / Buku Nikah / Penetapan itsbat nikah (dengan pasangan yang ikut menAndatangani Perjanjian Pembiayaan Multiguna/Investasi) berlaku untuk suami / Istri yang mengambil BPKB.
      5. Menyerahkan Asli Surat Keterangan Ahli Waris dari kelurahan atau notaris.
      6. Masa berlaku surat kuasa adalah 30 hari kalender terhitung dari tanggal pembuatan surat kuasa.

Syarat pengambilan BPKB yang dilakukan oleh salah satu ahli waris konsumen adalah:

      1. Asli Kartu Identitas seluruh ahli waris
      2. Asli Kutipan Akta Kematian yang dikeluarkan oleh Pejabat Pencatatan Sipil atau Surat Keterangan Kematian yang dikeluarkan oleh kelurahan
      3. Asli Kartu Keluarga Konsumen
      4. Asli Akta Perkawinan / Buku Nikah / Penetapan itsbah nikah (dengan pasangan yang ikut menandatangani Perjanjian Pembiayaan Multiguna/Investasi) berlaku untuk suami / Istri yang mengambil BPKB.
      5. Menyerahkan Asli Surat Keterangan Ahli Waris dari kelurahan atau notaris.
      6. Asli Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang telah dilegalisasi oleh notaris atau Asli Surat Kuasa bawah tangan bermaterai Rp 10.000 yang ditAndatangani oleh ahli waris / para ahli waris kepada salah satu atau lebih ahli waris konsumen yang mengambil BPKB.
      7. Masa berlaku surat kuasa adalah 30 hari kalender terhitung dari tanggal pembuatan surat kuasa.

Pemberian kuasa hanya boleh diberikan kepada ahli waris yang tertera di Surat Keterangan Ahli Waris dan dibuktikan pada dokumen ahli waris berikut :

      1. Suami / Istri yang sah menurut hukum, dibuktikan dengan Akta Perkawinan / Buku Nikah atau penetapan itsbat nikah.
      2. Anak konsumen yang sah menurut hukum, dibuktikan dengan Akta Kelahiran atau Surat Pengangkatan Anak yang dikeluarkan oleh Kantor Pencatatan Sipil.
      3. Keluarga sedarah dalam garis lurus ke atas / ke bawah sampai derajat ketiga (orang tua, anak, dan cucu) atau keluarga sedarah dalam garis menyamping (saudara kandung), dibuktikan dengan Akta Kelahiran.

Ketentuan Ahli Waris yang tertera di Surat Keterangan Ahli Waris dengan Kriteria Cakap Hukum adalah sebagai berikut :

      1. Kriteria cakap hukum adalah minimal usia 21 tahun atau pernah menikah.
      2. Jika ahli waris belum cakap hukum, maka dapat diwalikan oleh orang tua kandung ditambah dengan Surat Pernyataan Wali dari orang tua kandung.
      3. Jika ahli waris belum cakap hukum dan tidak memiliki orang tua kandung, maka diperlukan Penetapan Pengadilan terkait Perwalian (Pengampu).

Ketentuan Jika salah satu ahli waris berada di luar negeri :

      1. Jika ahli waris berkewarganegaraan Indonesia (WNI), surat kuasa dapat dibuat terpisah dengan dilegalisasi Notaris Publik dan KBRI Negara setempat.
      2. Jika ahli waris berkewarganegaraan asing (WNA), surat kuasa dilegalisasi oleh Departemen Hukum / Departemen Luar Negeri dan Notaris Publik di Negara setempat.

Syarat–Syarat Wajib Pengambilan BPKB Lainnya Adalah :

      1. Jika terdapat perbedaan data pada identitas yang diberikan di awal pengajuan, Anda wajib melampirkan surat keterangan dari Pejabat Pemerintahan yang diakui negara.
      2. Penerima kuasa sudah cakap hukum (minimum usia 21 tahun atau pernah menikah).
      3. Masa berlaku surat kuasa adalah 30 hari kalender terhitung dari tanggal pembuatan surat kuasa

 

Dokumen Yang Akan Anda Terima Pada Saat Pengambilan BPKB.

Kami akan menyerahkan dokumen-dokumen yang menjadi milik Anda, apabila Anda telah menyelesaikan semua kewajiban-kewajiban sehubungan dengan pinjaman kendaraan Anda di BCA Finance.

Terlampir dokumen-dokumen yang akan Anda dapatkan, yaitu :

      1. Jika kendaraan yang dijaminkan adalah kendaraan baru :
        1. BPKB.
        2. Surat Keterangan Lunas.
        3. Faktur kendaraan.
        4. Blanko kuitansi yang telah Anda Tandatangani.
      2. Jika kendaraan yang dijaminkan adalah kendaraan bekas/Refinancing :
        1. BPKB.
        2. Surat Keterangan Lunas.
        3. Faktur kendaraan.
        4. Blanko kuitansi yang telah Anda Tandatangani.
        5. Surat Cabut Blokir.
        6. Copy KTP pemilik lama/atas nama BPKB (jika pada saat awal pembiayaan diserahkan ke BCA Finance).
        7. Blanko kuitansi yang telah ditanda tangani oleh pemilik lama/atas nama BPKB (pada saat awal pembiayaan diserahkan ke BCA Finance).

 

Informasi Biaya Titip BPKB.

Pada hari ke-91 kalender dan seterusnya setelah pembayaran angsuran terakhir BPKB belum Anda ambil, Anda akan dikenakan biaya titip BPKB sebesar Rp. 5000,-/ per Hari (nominal dapat berubah sewaktu-waktu tampa pemberitahuan terlebih dahulu).