Ada pertanyaan?
Astari Menjawab
Hubungi Astari
Artikel
16 Januari 2023

Bahaya Bermain Gadget saat Berkendara

Bagikan
Bagikan

Rata-rata kegiatan manusia berhubungan dengan gadget, mulai dari urusan pekerjaan, membayar keperluan, berbelanja, mendengarkan musik, nonton film, dan lain-lain, yang membuat manusia susah melepaskan diri dari gadget. Atau mungkin kamu salah satunya?

Tapi tahukah kamu bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat berakibat buruk, terutama pada aktivitas yang memerlukan konsentrasi lebih, seperti berkendara? Kamu mungkin berpikir bahwa mungkin tidak apa memainkan gadget ketika sedang berkendara di jalan yang sepi dan tidak sedang melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Ini merupakan pola pikir yang salah dan berdampak merugikan dirimu dan orang lain di sekitarmu. Lantas, kerugian apa saja yang dapat terjadi akibat bermain gadget?

1. Mengurangi konsentrasi dan tingkat waspada
Memainkan gadget ketika berkendara dapat membagi konsentrasimu sehingga konsentrasimu tidak hanya terfokus pada menyetir. Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan yang tentunya membahayakan dirimu juga sekelilingmu.

2. Terancam hukum pidana
Diatur dalam UU pasal 283, yakni denda maksimal 750,000 dan kurungan penjara 3 bulan tentang wajib mengendarai dengan penuh konsentrasi mencakup larangan penggunaan gadget, merokok, dan hal lain.

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat anda lakukan untuk mengurangi penggunaan gadget pada saat berkendara :
1. Sebelum berkendara, usahakan memberitahukan seseorang yang cukup intense mengobrol denganmu supaya orang tersebut mengerti dan mengurangi komunikasi denganmu.
2. Ada baiknya kamu menonaktifkan gadgetmu supaya tidak tergoda untuk membuka gadget selama berkendara, sehingga konsentrasimu terfokus pada menyetir.
3. Jika terpaksa menggunakan GPS, usahakan taruh gadget di dashboard dan aktifkan fitur audio sehingga kamu tidak perlu lagi melihat ke layar gadget.
4. Jika memang ada urusan mendesak, lebih baik menepi terlebih dahulu dan carilah tempat yang kamu rasa aman.

Jadi, “Think of Both Sides” atau “Pikir dari dua sisi” sebelum kamu membuka gadgetmu ketika sedang berkendara.