KLAIM ASURANSI

Klaim Asuransi

Rich Text Editor:

Klaim Ketidakmampuan

Untuk pengajuan klaim asuransi, Tertanggung wajib melaporkan klaim maksimal 90 hari setelah kejadian. Berikut Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi :

  1. Formulir Klaim Ketidakmampuan Total / Form K1 (Diisi Ahli Waris) Asli  Klik disini
  2. Formulir Klaim Ketidakmampuan Total / Form K2 (Diisi Dokter / Rumah Sakit) Asli   Klik disini
  3. Laporan Klaim Credit Protection   Klik disini
  4. Fotocopy Kartu Identitas Tertanggung / Konsumen
  5. Fotocopy Kartu Identitas Pihak yang mengajukan klaim
  6. Fotocopy Kartu Keluarga Tertanggung
  7. Fotocopy Resume medis / kwitansi pengobatan dari Rumah Sakit / Dokter
  8. Fotocopy Surat Keterangan dari Kepolisian Setempat apabila terlibat dalam kecelakaan lalu lintas
  9. Sertifikat asuransi Credit Protection
  10. Surat keterangan dari Perusahaan tempat bekerja bahwa Konsumen sudah tidak mendapat penghasilan (Asli)

Klaim Meninggal

Klaim Meninggal dengan meninggal di Rumah Sakit :

Untuk pengajuan klaim Asuransi Jiwa, Ahli Waris wajib melaporkan klaim maksimal 90 hari setelah kejadian. Berikut Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi :

  1. Formulir Klaim Meninggal Dunia / Form K1 (Diisi Ahli Waris) Asli   Klik disini
  2. Formulir Klaim Meninggal Dunia / Form K2 (Diisi Dokter / Rumah Sakit) Asli  Klik disini
  3. Laporan Klaim Credit Protection   Klik disini
  4. Fotocopy Legalisir Akte kematian atau Surat Kematian dari PEMDA setempat
  5. Fotocopy Legalisir surat Kematian dari Rumah Sakit
  6. Fotocopy Kartu Identitas Tertanggung / Konsumen
  7. Fotocopy Kartu Identitas Pihak yang mengajukan klaim
  8. Fotocopy Kartu Keluarga Tertanggung
  9. Fotocopy Surat Keterangan dari Kepolisian Setempat apabila terlibat dalam kecelakaan lalu lintas
  10. Sertifikat asuransi Credit Protection

Klaim Meninggal dengan meninggal dikarenakan kecelakaan:

Untuk pengajuan klaim Asuransi Jiwa, Ahli Waris wajib melaporkan klaim maksimal 90 hari setelah kejadian. Berikut Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi :

  1. Formulir Klaim Meninggal Dunia / Form K1 (Diisi Ahli Waris) Asli  Klik disini
  2. Formulir Klaim Meninggal Dunia / Form K2 (Diisi Dokter / Rumah Sakit) Asli  Klik disini
  3. Laporan Klaim Credit Protection   Klik disini
  4. Fotocopy Legalisir Akte kematian atau Surat Kematian dari PEMDA setempat
  5. Fotocopy Legalisir surat Kematian dari Rumah Sakit
  6. Fotocopy Kartu Identitas Tertanggung / Konsumen
  7. Fotocopy Kartu Identitas Pihak yang mengajukan klaim
  8. Fotocopy Kartu Keluarga Tertanggung
  9. Fotocopy Surat Keterangan dari Kepolisian Setempat apabila terlibat dalam kecelakaan lalu lintas
  10. Surat Kronologis kejadian & Riwayat penyakit (apabila Konsumen meninggal tidak di Rumah Sakit) asli
  11. Sertifikat asuransi Credit Protection

Klaim Meninggal dengan meninggal di Rumah dan diluar Rumah

Untuk pengajuan klaim Asuransi Jiwa, Ahli Waris wajib melaporkan klaim maksimal 90 hari setelah kejadian. Berikut Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi :

  1. Formulir Klaim Meninggal Dunia / Form K1 (Diisi Ahli Waris) Asli  Klik disini
  2. Laporan Klaim Credit Protection   Klik disini
  3. Fotocopy Legalisir Akte kematian atau Surat Kematian dari PEMDA setempat
  4. Fotocopy Kartu Identitas Tertanggung / Konsumen
  5. Fotocopy Kartu Identitas Pihak yang mengajukan klaim
  6. Fotocopy Kartu Keluarga Tertanggung
  7. Fotocopy Surat Keterangan dari Kepolisian Setempat apabila terlibat dalam kecelakaan lalu lintas
  8. Surat Kronologis kejadian & Riwayat penyakit (apabila Konsumen meninggal tidak di Rumah Sakit) asli
  9. Formulir Klaim Kesehatan jika ada Dokter datang ke rumah (Di isi oleh Dokter yg pernah merawat)
  10. Sertifikat asuransi Credit Protection

Berkas-berkas dapat diantar ke kantor BCA Finance terdekat.

Proses Pelaporan Klaim

  1. Klaim Parsial Kendaraan (Perbaikan) :
    1. Debitor / Tertanggung wajib melaporkan klaim selambat-lambatnya 3x24 jam ke maskapai asuransi.
    2. Debitor / Tertanggung melengkapi dokumen klaim sebagai berikut : 
      1. Formulir klaim kendaraan bermotor dari maskapai asuransi dan kronologis kejadian.
      2. Copy SIM milik pengemudi pada saat kejadian yang masih berlaku.
      3. Copy KTP Debitor / Tertanggung.
      4. Copy STNK.
      5. Copy Polis, sertifikat, lampiran/endorsmen (jika ada). 
      6. Surat Tuntutan Pihak Ketiga (untuk Klaim TJH).
    3. Maskapai asuransi akan melakukan survey kendaraan tersebut dan segera menerbitkan SPK ke bengkel rekanan dan menginformasikannya ke Debitor / Tertanggung (daftar terupdate bengkel rekanan dapat dilihat pada website maskapai asuransi).
    4. Selama proses klaim, Debitor tetap wajib melakukan pembayaran angsuran,
    5. Klaim akan diproses oleh maskapai rekanan Kreditor dan akan memberikan keputusan klaim kurang lebih 90 (sembilan puluh) hari sejak laporan diterima oleh maskapai.
    6. Jika klaim ditolak oleh maskapai asuransi karena tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Polis berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh maskapai asuransi maka Debitor wajib melanjutkan pembayaran angsuran kepada Kreditor.
    7. Jika klaim disetujui, maskapai asuransi akan meminta persetujuan Debitor dan Kreditor. Apabila Debitor dan Kreditor menyetujui nilai klaim yang diajukan maskapai asuransi, maka dana klaim akan diserahkan ke Kreditor.
    8. Setelah menerima persetujuan klaim dan pembayaran dari maskapai asuransi TLP, Kreditor akan melakukan perhitungan kewajiban Debitor dan menginformasikan kepada Debitor melalui sarana email atau telephone.
    9. Apabila hasil perhitungan kewajiban Debitor lebih besar dari nilai penggantian klaim dari maskapai asuransi maka Debitor wajib membayarkan kekurangan tersebut ke Kreditor.
    10. Apabila hasil perhitungan kewajiban Debitor lebih kecil dari nilai penggantian maka Kreditor akan mengembalikan dana sisa klaim ke Debitor selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja ke nomor rekening seperti yang tercantum pada Form Permohonan Penyelesaian Kelebihan Dana terhitung sejak tanggal penyerahan form dan dokumen pendukungnya diterima dengan lengkap oleh Kreditor. Form Permohonan Penyelesaian Kelebihan Dana dapat diunduh pada situs resmi Kreditor.
  2. Klaim TLO/CTL
    1. Debitor wajib melaporkan ke Kreditor dan maskapai asuransi selambat-lambatnya 3x24 jam setelah kejadian. 
    2. Debitor wajib melengkapi dokumen klaim sebagai berikut :
      1. Formulir klaim kendaraan bermotor dari maskapai asuransi yang dapat diunduh pada situs resmi Kreditor dan kronologis kejadian.
      2. Polis, sertifikat, lampiran/endorsmen (jika ada).
      3. Surat Lapor Polisi di Tempat Kejadian Perkara (TKP).
      4. Copy SIM milik pengemudi pada saat kejadian yang masih berlaku.
      5. Copy KTP Debitor / Tertanggung.
      6. Asli STNK.
      7. Surat Keterangan kehilangan Kendaraan Bermotor dari Kaditserse Polda.
      8. Bukti Pemblokiran STNK.
      9. Kunci asli dan cadangan.
      10. Buku KIR (untuk kendaraan Niaga / Komersial). 
      11. Surat Tuntutan Pihak ketiga (untuk klaim TJH.)
    3. Selama proses klaim, Debitor tetap wajib melakukan pembayaran angsuran.
    4. Klaim akan diproses oleh maskapai rekanan Kreditor dan akan memberikan keputusan klaim kurang lebih 90 (sembilan puluh) hari sejak laporan diterima oleh maskapai.
    5. Jika klaim ditolak oleh maskapai asuransi karena tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Polis berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh maskapai asuransi maka Debitor wajib melanjutkan pembayaran angsuran kepada Kreditor.
    6. Jika klaim disetujui, maskapai asuransi akan meminta persetujuan Debitor dan Kreditor. Apabila Debitor dan Kreditor menyetujui nilai klaim yang diajukan maskapai asuransi, maka dana klaim akan diserahkan ke Kreditor.
    7. Apabila Debitor memiliki asuransi TLP dan klaim asuransi kendaraannya disetujui oleh maskapai asuransi kendaraan, maka Kreditor akan melakukan pengajuan klaim TLP ke maskapai rekanan Kreditor.
    8. Setelah menerima persetujuan klaim dan pembayaran dari maskapai asuransi TLP, Kreditor akan melakukan perhitungan kewajiban Debitor dan menginformasikan kepada Debitor melalui sarana email atau telephone.
    9. Apabila hasil perhitungan kewajiban Debitor lebih besar dari nilai penggantian klaim dari maskapai asuransi maka Debitor wajib membayarkan kekurangan tersebut ke Kreditor.
    10. Apabila hasil perhitungan kewajiban Debitor lebih kecil dari nilai penggantian maka Kreditor akan mengembalikan dana sisa klaim ke Debitor selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja ke nomor rekening seperti yang tercantum pada Form Permohonan Penyelesaian Kelebihan Dana terhitung sejak tanggal penyerahan form dan dokumen pendukungnya diterima dengan lengkap oleh Kreditor. Form Permohonan Penyelesaian Kelebihan Dana dapat diunduh pada situs resmi Kreditor. 

      Dokumen Pendukung yang dimaksud adalah :

      Jika pemohon adalah Debitor :

      1. Fotocopy identitas Debitor (KTP/ Passport)
      2. Fotocopy Cover Buku Tabungan/ Klik BCA 

      Jika pemohon adalah Ahli Waris :

      1. Surat Keterangan Ahli Waris dari Kelurahan atau Notaris
      2. Asli Surat Kuasa tentang pengembalian dana ke rekening salah satu ahli waris yang ditandatangani oleh semua ahli waris dan telah dilegalisir oleh notaris. Dalam hal tidak dapat dilengkapinya legalisir oleh Notaris pada asli Surat Kuasa tentang pengembalian dana, maka Kreditor akan melakukan konfirmasi melalui telepon kepada semua ahli waris sebagaimana yang termuat dalam Surat Keterangan Ahli Waris.
      3. Fotocopy identitas Semua Ahli Waris (KTP/ Passport)
      4. Fotocopy Cover Buku Tabungan/ Klik BCA
      5. Untuk ahli waris yang belum cakap hukum (usia <21 tahun) :
        • Apabila salah satu orang tua kandung masih ada, maka harus disertakan Asli Surat Pernyataan Wali dari orang tua kandung dan Akte Lahir.
        • Apabila orang tua kandung sudah tidak ada, maka harus disertakan dengan Penetapan Wali oleh Pengadilan Negeri setempat.
    11. Apabila ada perubahan atau tambahan perjanjian (Addendum) maka perhitungan pelunasan mengacu ke perjanjian induk dimana seluruh kewajiban Debitor akan diperhitungkan sesuai ketentuan berlaku.
    12. BPKB dan fisik kendaraan akan menjadi milik maskapai asuransi setelah klaim dibayarkan ke Debitor/ Tertanggung.
  3. Proses Pelaporan Klaim Credit Protection
    1. Batas waktu pengajuan klaim oleh pihak yang berhak mengajukan klaim selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa yang dipertanggungkan melalui cabang terdekat Kreditor atau ke HaloBCA.
    2. Batas waktu penyerahan dokumen klaim secara lengkap ke maskapai asuransi selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa yang dipertanggungkan dan dokumen diterima lengkap oleh maskapai melalui Kreditor.
    3. Dokumen-dokumen yang harus diserahkan saat pengajuan Klaim Meninggal Dunia sebagai berikut :
      1. Formulir Klaim Meninggal Dunia yang disediakan oleh maskapai asuransi dan telah diisi dengan lengkap dan benar;
      2. Fotokopi legalisir Surat Keterangan Meninggal dari Pemerintah atau Akta Kematian atau sesuai ketentuan yang berlaku;
      3. Fotokopi legalisir Surat Keterangan Meninggal dari rumah sakit atau puskesmas atau dinas kesehatan;
      4. Fotokopi legalisir Surat Keterangan Kepolisian apabila Tertanggung/ Peserta/ Debitor meninggal dunia akibat kecelakaan atau menjadi korban dari tindak pidana;
      5. Fotokopi Kartu Identitas (KTP/SIM/Pasport) Tertanggung/ Peserta/ Debitor yang masih berlaku;
      6. Fotocopi Kartu Keluarga Tertanggung/ Peserta/ Debitor;
      7. Surat pengantar pengajuan klaim dan loan ledger pinjaman Tertanggung/ Peserta/ Debitor dari Kreditor;
      8. Asli Sertifikat Asuransi / Polis;
      9. Fotokopi Kartu Identitas keluarga/pihak yang mengajukan klaim.
    4. Dokumen-dokumen yang harus diserahkan saat Klaim Ketidakmampuan Total sebagai berikut:
      1. Formulir Klaim Ketidakmampuan Total yang disediakan oleh maskapai asuransi dan telah diisi dengan lengkap dan benar;
      2. Fotokopi Surat Keterangan Kepolisian yang dilegalisir apabila Tertanggung/ Peserta/ Debitor mengalami Ketidakmampuan Total akibat kecelakaan atau menjadi korban dari tindak pidana;
      3. Fotokopi Kartu Identitas (KTP/SIM/Pasport) Tertanggung/ Peserta / Debitor yang masih berlaku;
      4. Fotocopi Kartu Keluarga Tertanggung/ Pesertal Debitor;
      5. Surat Keterangan Dokter yang sah dan berwenang yang menyatakan Tertanggung/ Peserta/ Debitor menderita Ketidakmampuan Tetap yang diberikan kepada Penanggung/ maskapai asuransi setiap 1 (satu) bulan sekali apabila Ketidakmampuan Tetap tersebut belum dinyatakan bersifat permanen sesuai hasil pemeriksaan penunjang diagnosis;
      6. Surat Keterangan Dokter yang sah dan berwenang yang menyatakan Tertanggung/ Peserta Debitor menderita Ketidakmampuan Tetap permanent;
      7. Surat Pengantar Pengajuan Klaim dan loan ledger pinjaman Tertanggung/ Pesertal Debitor dari Kreditor;
      8. Asli Sertifikat Asuransi / Polis;
      9. Asli surat keterangan dari perusahaan tempat bekerja bahwa Tertanggung/ Peserta/ Debitor sudah tidak mendapat penghasilan.
    5. Selama proses klaim kewajiban angsuran Debitor/ ahli waris tetap wajib dibayarkan,
    6. Jika klaim ditolak oleh maskapai asuransi karena tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh maskapai asuransi maka Debitor/ ahli waris wajib melanjutkan pembayaran angsuran kepada Kreditor,
    7. Jika klaim disetujui oleh maskapai asuransi, maka Kreditor akan mengajukan perhitungan sisa pokok hutang dari tanggal kejadian.
    8. Maskapai asuransi akan segera mentransfer nilai penggantian tersebut ke Kreditor selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja setelah menerima informasi sisa pokok hutang dari Kreditor.
    9. Setelah menerima dana klaim, Kreditor akan melakukan perhitungan kewajiban Debitor dan menginformasikan kepada Debitor/ ahli waris.
    10. Apabila hasil perhitungan kewajiban Debitor lebih besar dari nilai penggantian klaim dari maskapai asuransi maka Debitor/ ahli waris wajib membayarkan kekurangan tersebut kepada Kreditor.
    11. Apabila hasil perhitungan kewajiban Debitor lebih kecil dari nilai penggantian maka Kreditor akan mengembalikan dana sisa klaim ke Debitor/ahli waris selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja ke nomor rekening seperti yang tercantum pada Form Permohonan Penyelesaian Kelebihan Dana terhitung sejak tanggal penyerahan form dan dokumen pendukungnya diterima dengan lengkap oleh Kreditor. Form Permohonan Penyelesaian Kelebihan Dana dapat diunduh pada situs resmi Kreditor.

      Dokumen Pendukung yang dimaksud adalah :

      Jika pemohon adalah Debitor :

      1. Fotocopy identitas Debitor (KTP/ Passport)
      2. Fotocopy Cover Buku Tabungan/ Klik BCA 

      Jika pemohon adalah Ahli Waris :

      1. Surat Keterangan Ahli Waris dari Kelurahan atau Notaris
      2. Asli Surat Kuasa tentang pengembalian dana ke rekening salah satu ahli waris yang ditandatangani oleh semua ahli waris dan telah dilegalisir.oleh notaris. Dalam hal tidak dapat dilengkapinya legalisir oleh Notaris pada asfi Surat Kuasa tentang pengembalian dana, maka Kreditor akan melakukan konfirmasi melalui telepon kepada semua ahli waris sebagaimana yang termuat dalam Surat Keterangan Ahli Waris.
      3. Fotocopy identitas Semua Ahli Waris (KTP/ Passport)
      4. Fotocopy Cover Buku Tabungan/ Klik BCA
      5. Untuk ahli waris yang belum cakap hukum (usia <21 tahun) :
        • Apabila salah satu orang tua kandung masih ada, maka harus disertakan Asli Surat Pernyataan Wali dari orang tua kandung dan Akte Lahir.
        • Apabila orang tua kandung sudah tidak ada, maka harus disertakan dengan Penetapan Wali oleh Pengadilan Negeri setempat.
    12. Apabila ada perubahan atau tambahan perjanjian (Addendum) maka perhitungan pelunasan mengacu ke perjanjian induk dimana seluruh kewajiban Debitor akan diperhitungkan sesuai ketentuan berlaku.
    13. Apabila pinjaman Debitor telah lunas, maka BPKB dan fisik kendaran akan menjadi milik Debitor/ ahli waris.