Tanggung Jawab Sosial

12 Juli 2018

Peraturan Pemerintah yang tertera pada Undang-Undang Pasal 1 Butir 3 No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas menyatakan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Memenuhi peraturan tersebut, BCA Finance melakukan berbagai aktivitas yang meliputi aspek-aspek lingkungan hidup, ketenagakerjaan, kemasyarakatan dan pelanggan.

Di samping itu, sejalan dengan misi Perusahaan dalam hal memberikan nilai terbaik kepada masyarakat, Perusahaan senantiasa berusaha untuk tetap peduli pada masyarakat dan lingkungan dengan aktif melakukan berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility).Tanggung jawab sosial Perusahaan yang dilaksanakan Perusahaan bertujuan untuk menciptakan hubungan Perusahaan yang serasi, seimbang dan sesuai dengan lingkungan, norma, dan budaya masyarakat setempat. 

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan merupakan kewajiban Perusahaan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya  Perusahaan. Dalam rangka pemenuhan tanggung jawab sosial perusahaan, Perusahaan memiliki komitmen untuk turut berperan serta terhadap pengembangan kesejahteraan masyarakat maupun lingkungan.

Mengikuti rujukan Global Reporting Initiative (GRI), laporan Tanggung Jawab Sosial ini terdiri dari:

Aspek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang terdiri dari:

  • Lingkungan Hidup
  • Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan
  • Tanggung Jawab Produk

Bagian-bagian berikut menyoroti kegiatan-kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang telah dilakukan di tahun 2016.

Aspek Lingkungan Hidup

Mengingat operasi BCA Finance bergantung pada ketersediaan sumber-sumber daya alam, antara lain kertas, air, dan energi, BCA Finance juga peduli terhadap kelestarian sumber-sumber daya alam ini dan terus mengupayakan cara-cara untuk menjalankan operasi yang lebih efisien dalam penggunaan sumber dayanya.

Sesuai Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, BCA Finance peduli untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum. BCA Finance menerapkan kebijakan lingkungan dengan melakukan tindakan dari berbagai sisi, yaitu:

  • Lingkungan kerja, BCA Finance menjalankan program kampanye penghematan energi dalam aktivitas bekerja.
  • Aktivitas eksternal yang terkait dengan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Dalam hal lingkungan kerja, BCA Finance mengutamakan barang-barang stationary seperti kertas, whiteboard marker yang dinyatakan oleh produsennya sebagai ramah lingkungan, dan penggunaan kertas daur ulang untuk beberapa dokumennya.

Selain itu, BCA Finance menerapkan program-program inisiatif penghematan energi (listrik, air, dan bahan bakar) seperti pengurangan penggunaan lampu, pengurangan aktivitas lift di luar jam kerja, penghematan penggunaan air, dan optimalisasi konsumsi bahan bakar minyak dalam menjalankan aktivitas operasional bisnis.

Aspek Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Keberhasilan usaha BCA Finance juga sangat bergantung pada profesionalisme dan hasil kerja dari para karyawannya. Sebagai aset terpenting, karyawan BCA Finance perlu mendapatkan perhatian yang memadai terkait pemenuhan hak-haknya termasuk untuk mendapatkan penghidupan yang layak, kesempatan untuk berkembang, dan tentunya untuk bekerja dengan perasaan aman dan sehat. BCA Finance memastikan setiap karyawannya bekerja di lingkungan kerja yang aman bagi lingkup pekerjaan mereka sekaligus mendorong karyawan untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat.

BCA Finance melakukan praktik ketenagakerjaan dengan kesetaraan perlakuan terhadap karyawan dimulai dari proses rekrutmen karyawan. Proses ini dilakukan berdasarkan prinsip- prinsip keterbukaan melalui publikasi luas, proses seleksi dan pengujian akhir hingga tahap karyawan diterima. Keputusan atas pemilihan karyawan tidak didasarkan atas gender, ras, maupun agama. BCA Finance tidak memperkerjakan karyawan di bawah umur sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Karyawan terpilih melalui seleksi akan melalui masa pelatihan dan percobaan yang disesuaikan dengan penunjukan (assignment).

BCA Finance memberikan upah di atas standar minimum yang telah ditentukan pemerintah kepada setiap karyawan dan memberikan kenaikan upah pada setiap periode dengan besar yang imbang sesuai dengan hasil evaluasi kinerja karyawan tersebut.

Dalam rangka membangun solidaritas, membangun kebugaran jasmani dan mengembangkan kreativitas karyawan, BCA Finance memiliki menyelenggarakan aktivitas olahraga.

Bagi karyawan yang mempunyai prestasi, BCA Finance memberikan kesetaraan penghargaan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Setiap tahun, BCA Finance rutin memberikan apresiasi kepada karyawan berprestasi dalam bentuk Reward Tour yang diadakan setahun sekali.

BCA Finance juga menerapkan keikutsertaan karyawan dalam program pensiun dan menjadi peserta Dana Pensiun dan Jamsostek. Peserta yang pensiun normal atau mengundurkan diri sebelum usia pensiun normal akan menerima manfaat pensiun tersebut.

Manajemen kinerja diterapkan dengan tujuan untuk memastikan bahwa karyawan melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan target kinerja yang telah ditetapkan. Proses manajemen kinerja meliputi penyusunan rencana kinerja; memonitor pelaksanaannya, coaching and counseling oleh atasan, evaluasi kinerja dan penetapan imbalan dan hukuman (reward and punishment) sebagai konsekuensi atas kinerja yang dihasilkan. Semua kegiatan ini mengacu pada kebijakan dasar sebagai berikut:

 

Perencanaan Kinerja Individual

Pada awal tahun, setiap karyawan diwajibkan menyusun Rencana Kinerja Individual (RKK) berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) bagi unit kerja yang bersangkutan. Pada akhir tahun, RKK ini digunakan sebagai dasar bagi evaluasi kinerja.

Evaluasi Kinerja

Evaluasi Kinerja dilaksanakan dengan menilai aspek proses kerja dan hasil kerja. Sedangkan bagi karyawan yang memiliki bawahan, ditambah dengan aspek people management, yang mengevaluasi kemampuan karyawan dalam membina bawahannya.

 

Coaching and Counselling

Atasan memiliki kewajiban untuk melakukan proses coaching and counselling bagi bawahannya, sehingga selain dapat mendeteksi secara dini potensi masalah yang mungkin timbul, juga dapat membina hubungan dan kerja sama yang erat antara atasan dan bawahan.

Guna menciptakan iklim kerja yang kondusif, transparan dan bertanggung jawab, BCA Finance terus memperbaiki kualitas komunikasi internal yang terjadi. Melalui berbagai forum yang diadakan, dibangun komunikasi dua arah yang sehat dan konstruktif dengan melibatkan seluruh karyawan baik non-staf, staf, manajerial hingga kedudukan Direksi.

Dalam hal kesehatan dan kesejahteraan umum, semua karyawan BCA Finance mendapatkan hak atas tunjangan- tunjangan yang terkait dengan jabatan, indeks penempatan, hari raya keagamaan, makan, transportasi, pemeliharaan kesehatan, biaya rumah sakit, kaca mata, bersalin, kedukaan, dan pernikahan.

 

Mengenai keselamatan kerja, BCA Finance mematuhi Undang-Undang No.I Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang menimbang bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas Nasional. Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tersebut selalu diterapkan BCA Finance dalam segala
aspek kegiatannya. Di tahun 2017, tidak ada kecelakaan kerja yang signifikan hingga mengakibatkan hilangnya hari kerja. Untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya kecelakaan di area kerja, BCA Finance rutin melakukan kegiatan pelatihan tanggap darurat kepada setiap personil keamanan.

 

Aspek Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Sebagai institusi keuangan yang berkepentingan untuk menjalankan usahanya secara berkelanjutan, BCA Finance mengemban tanggung jawab untuk turut memajukan kesejahteraan masyarakat dimana BCA Finance berada. Meningkatnya kualitas hidup masyarakat sekitar akan membawa dampak positif secara langsung bagi pertumbuhan Perusahaan, karena semakin maju suatu masyarakat, semakin tinggi kebutuhan mereka akan solusi pembiayaan. BCA Finance merumuskan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dirancang untuk mengangkat taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan. 

BCA Finance aktif melakukan berbagai aktivitas sosial dan kemasyarakatan terutama yang terdekat dengan lingkungan kantor/cabang, baik untuk peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat maupun pembinaan di bidang-bidang lainnya. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan sepanjang tahun 2017adalah:

  • Donasi bagi masyarakat di sekitar perusahaan, berupa kegiatan rutin pemberian donasi bagi masyarakat sekitar perusahaan dalam bentuk uang dan barang sesuai keperluan. Kegiatan tersebut antara lain: pada perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Hari Natal, karyawan BCA Finance secara sukarela mengumpulkan uang dan barang untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada tempat ibadah di sekitar perusahaan.
  • Aksi Donor Darah, yang dilakukan karyawan BCA Finance bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta setiap tiga bulan, diikuti oleh rata-rata 100 orang per periode.
  • Beasiswa BCA Finance, telah dilaksanakan sejak tahun 2009 hingga kini. Program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan. Bentuk dari program ini adalah pemberian biaya kuliah dan uang saku setiap semesternya kepada mahasiswa/i yang berprestasi namun memiliki keterbatasan secara keuangan. Kriteria penerima program Beasiswa BCA Finance adalah mahasiswa/i berprestasi yang sedang menempuh pendidikan S1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) >3 untuk PTN dan >3,4 untuk PTS. Dalam sembilantahun pelaksanaan program ini, PT BCA Finance telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 500 mahasiswa/i dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Dana yang terkait dengan aktivitas sosial dan kemasyarakatan, dapat dilihat pada Tabel Kegiatan Sosial dan Kemasyarakatan. 

Tabel Kegiatan Sosial dan Kemasyarakatan

Kegiatan

Activities

Pelaksana

Person In Charge (PIC)

Waktu Pelaksanaan

Time Period

Biaya (Rupiah)

Cost (Rupiah)

Aktivitas donor darah setiap 3 bulan dengan peserta sekitar 100 orang

Blood donations every 3 months with about 100 participants

Penanggung jawab terkait

Related PIC

Januari-Desember

January-December

Tidak ada Nominal

None

PelaksanaanBeasiswa BCA Finance

BCA Finance Scholarship

Penanggung jawab terkait

Related PIC

Januari-Desember

January-December

Rp1.800.000.000,-

Total

 

 

Rp1.805.000.000,-