Orchard.UI.Resources.RequireSettings
Informasi Asuransi
Sebagai salah satu aset berharga, kami menyarankan untuk memberikan proteksi pada kendaraan Anda. Tujuan kami untuk menjaga keamanan bersama dari setiap kendaraan yang dibeli dan menggunakan fasilitas pembiayaan BCA Finance dengan asuransi sepanjang tenor pinjaman.
Berikut adalah jenis asuransi yang bisa Anda pilih untuk memproteksi kendaraan Anda.
Comprehensive
Merupakan asuransi menyeluruh yang akan menanggung kerugian kerusakan total dan kerusakan sebagian. Asuransi ini dapat diperluas dengan penambahan premi yaitu untuk menanggung risiko bencana alam, huru-hara, penambahan aksesori kendaraan dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
Total Loss Only (TLO)
Merupakan asuransi yang menanggung kehilangan akibat pencurian dan bukan penggelapan ataupun penyalahgunaan fungsi kendaraan. Jenis asuransi ini juga menjamin kerugian total yang biaya perbaikannya diperkirakan ≥ 75% dari harga kendaraan sebenarnya (sesaat sebelum terjadi kerugian).
Kombinasi
Merupakan asuransi gabungan antara Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Pertanggungan yang digunakan pada tahun pertama adalah Comprehensive, sedangkan tahun berikutnya adalah TLO saja.
Petunjuk Penggunaan
Adapun informasi dan petunjuk penggunaan asuransi adalah sebagai berikut :
1
Penggantian dari pihak maskapai asuransi untuk kondisi klaim TLO adalah sebesar nilai pasar kendaraan sesaat sebelum terjadi pencurian kendaraan maupun kecelakaan yang menyebabkan kendaraan rusak ≥ 75% atau setinggi-tingginya harga yang tercantum dalam polis dan penggantian adalah berupa uang.
2
Sehubungan dengan fasilitas pembiayaan dari BCA Finance, maka apabila terdapat pembayaran klaim TLO dari maskapai asuransi, BCA Finance memiliki hak terlebih dahulu untuk memperoleh pembayaran tersebut.
3
BCA Finance akan mengembalikan sisa dana klaim yang diterima dari maskapai asuransi ke konsumen, setelah diperhitungkan dengan seluruh kewajiban konsumen di BCA Finance.
4
Dalam hal jumlah pembayaran klaim asuransi lebih kecil dari jumlah kewajiban kepada BCA Finance, maka selisih tersebut menjadi beban dan tanggung jawab konsumen.
5
Perbaikan kerusakan pada kendaraan yang dipertanggungkan HARUS dilakukan di bengkel yang ditunjuk oleh maskapai asuransi.
6
Asuransi yang telah dibayarkan tidak dapat dibatalkan walaupun telah melakukan pelunasan dipercepat.
Cari tahu tentang Informasi Lainnya
Secara umum, tertanggung wajib melaporkan kasus klaim ke maskapai asuransi terkait atau BCA Finance dalam jangka waktu maksimal 72 jam (3x24 jam) setelah kejadian. berikut adalah tata cara pengajuan klaim:
Klaim Kendaraan Hilang (Mobil)
Klaim Kendaraan Hilang (pencurian/kerusakan ≥ 75%)
1
Wajib melaporkan kejadian ke bagian klaim maskapai asuransi maksimal 3x24 jam, baik secara lisan dan secara tulisan.
2
Wajib melaporkan kejadian ke BCA Finance
3
Dokumen yang perlu dilengkapi adalah:
- Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian Setempat
- STNK Kendaraan Asli
- Kunci Kontak Asli dan Duplikat
- Fotocopy SIM Pengemudi dan KTP Tertanggung
- Formulir Klaim Kendaraan Bermotor dari Perusahaan Asuransi
- Buku KIR
- Surat Keterangan dari Pihak Markas Besar Kepolisian Se-provinsi tempat hilangnya Kendaraan (Misal: Polda Metro Jaya Jakarta)
- Surat Blokir (Surat Keterangan ini hanya untuk Kendaraan Hilang)
- Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian Setempat
- STNK Kendaraan Asli
- Kunci Kontak Asli dan Duplikat
- Fotocopy SIM Pengemudi dan KTP Tertanggung
- Formulir Klaim Kendaraan Bermotor dari Perusahaan Asuransi
- Buku KIR
- Surat Keterangan dari Pihak Markas Besar Kepolisian Se-provinsi tempat hilangnya Kendaraan (Misal: Polda Metro Jaya Jakarta)
- Surat Blokir (Surat Keterangan ini hanya untuk Kendaraan Hilang)
Klaim Kendaraan Kecelakaan/Partial (Mobil)
Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat akan melakukan Klaim kendaraan Kecelakaan/Partial
1
Wajib melaporkan kejadian ke bagian klaim maskapai asuransi maksimal 3x24 jam, baik secara lisan dan secara tulisan (melalui surat atau faksimili).
2
Mengajukan klaim resmi secepatnya ke bagian klaim maskapai asuransi dengan disertai dokumen-dokumen pendukung yaitu:
- Fotocopy STNK kendaraan
- Fotocopy SIM pengemudi pada saat kecelakaan terjadi
- Fotocopy KTP tertanggung
- Formulir Klaim Kendaraan Bermotor dari Maskapai Asuransi (HARUS diisi dengan benar dan lengkap)
- Dokumen lain jika dibutuhkan (hal ini akan diinformasikan pada saat pengajuan klaim)
- Fotocopy STNK kendaraan
- Fotocopy SIM pengemudi pada saat kecelakaan terjadi
- Fotocopy KTP tertanggung
- Formulir Klaim Kendaraan Bermotor dari Maskapai Asuransi (HARUS diisi dengan benar dan lengkap)
- Dokumen lain jika dibutuhkan (hal ini akan diinformasikan pada saat pengajuan klaim)
3
Maskapai Asuransi memerlukan dokumen tambahan, yaitu ”Surat Tanda Penerimaan Laporan” dari Kepolisian setempat, apabila terdapat kondisi sebagai berikut:
- Kerusakan mesin yang cukup berat pada kendaraan.
- Pencurian aksesori dari kendaraan (seperti: dasbor, kaca spion, audio mobil, atau sebagainya) dan kerusakan akibat perbuatan jahat orang lain.
- Kerusakan mesin yang cukup berat pada kendaraan.
- Pencurian aksesori dari kendaraan (seperti: dasbor, kaca spion, audio mobil, atau sebagainya) dan kerusakan akibat perbuatan jahat orang lain.
4
Surat tuntutan dari pihak ketiga apabila terdapat kerugian dan atau kerusakan yang melibatkan pihak ketiga.
Klaim Asuransi Credit Protection (Mobil)
Berikut adalah dokumen kelengkapan untuk klaim asuransi credit protection. Dokumen diberikan kepada BCA Finance dan Maskapai Asuransi paling lambat 90 Hari dari tanggal kejadian.
1
Catatan : DOA (Death On Arrival)
Klaim Asuransi Kendaran dan Credit Protection untuk konsumen layanan pembiayaan sepeda motor (Eks BCAMF)
Klaim Asuransi Motor
1
Dokumen Klaim Asuransi Kendaraan Motor (Lapor Asuransi maksimal 5 x 24 jam sejak kejadian)
Tindakan Tertanggung jika kendaraan tidak dapat dijalankan setelah kecelakaan:Kendaraan tidak boleh ditinggalkan, lakukan pengamanan, informasikan kondisi dan posisi kendaraan saat klaim,tidak boleh melakukan perbaikan/penggantian sebelum mendapatkan persetujuan dari Asuransi. Apabila tidak melakukan hal di atas, semua kerugian yang terjadi tidak diganti.
Prosedur Klaim Asuransi Credit Protection Motor
Dokumen klaim Meninggal Dunia secara lengkap & benar wajib diserahkan Ahli Waris ke BCA Finance Layanan Pembiayaan Sepeda Motor (Eks BCAMF) maksimal 90 hari kalender sejak kejadian :
Catatan
Selama kendaraan sedang dalam proses klaim atau sekalipun klaim tidak dapat diproses lebih lanjut berdasarkan ketentuan dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen (PPK), konsumen wajib membayar angsuran di BCA Finance tanpa ada pengecualian.
Cari tahu tentang Informasi Lainnya
Upgrade
Lindungi Kendaraan Kesayangan dari Kerusakan Ringan, Lecet, Baret hingga Kerusakan Berat, dengan Upgrade Asuransi.
Layanan Upgrade Asuransi yaitu Layanan untuk Nasabah existing dengan status Aktif, yang mana layanan ini meningkatkan status asuransi dari Total Loss Only menjadi Comprehensive Standart atau Comprehensive dengan Perluasan.
Berikan Perlindungan Maksimal dengan Tambahan Asuransi Perluasan Banjir, Huru Hara & Tanggung Jawab Hukum (TJH) Pihak Ketiga.
Layanan Upgrade Asuransi & Informasi Premi :
- Lengkapi Data di https://bcafinance.co.id/kontak-kami
- Pilih Kategori “Permohonan Layanan”
- Tulis pada Kolom Keterangan : "Upgrade 02"
Berikan Rasa Aman & Nyaman Saat Berkendara dengan Upgrade Asuransi.
Perlindungan Maksimal Untuk Kendaraan Kesayangan Anda
Berkendara tanpa khawatir dan was-was saat dijalan ? Layanan Renewal Asuransi solusinya.
Renewal
Renewal Asuransi adalah layanan perpanjang asuransi kendaraan Anda. Pilihan coverage Asuransi disesuaikan keinginan Anda, mulai coverage hanya Total Loss Only sampai dengan Comprehensive Perluasan.
Berikan Perlindungan Maksimal untuk Kendaraan Kesayangan Anda dengan “RENEWAL ASURANSI”. Berkendara saat dijalan jadi Aman & Tenang.
Informasi Layanan Renewal Asuransi & Premi :
- Lengkapi Data di https://bcafinance.co.id/kontak-kami
- Pilih “Klik di sini”
- Lengkapi Data Anda (Nama, No. WA & email)
- Pilih Kategori “Permohonan Layanan”
- Tulis pada Kolom Keterangan : "Renewal 02"
Berikan Rasa Aman & Nyaman Saat Berkendara dengan Renewal Asuransi.
29 Juli 2021 0:56:07