Artikel
28 Februari 2023
4 CARA UNTUK MENINGKATKAN DIGITAL CUSTOMER EXPERIENCE

Pelanggan (customer) adalah orang-orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa. Pelanggan ini berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan bisnis Perusahaan. Pelanggan terdiri dari 2 (dua) pihak, yaitu pelanggan eksternal dan pelanggan internal Perusahaan.
Pelanggan eksternal adalah orang-orang yang secara langsung membeli produk yang dijual, misalnya di BCA Finance pelanggan eksternal yang dimaksud adalah orang yang mengambil kredit mobil melalui BCA Finance. Sedangkan pelanggan internal adalah pihak-pihak internal BCA Finance yang terlibat dalam proses bisnis dan operasional di dalam Perusahaan tersebut, misalnya bagian pemasaran, pembayaran gaji, dan rekruitmen.
Sebagai penyedia produk yang baik, Perusahaan diwajibkan untuk mengetahui strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena, customer experience adalah salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis suatu Perusahaan.
Di era digitalisasi ini, proses digitalisasi sangat penting untuk menunjang customer experience. Dimana digital customer experience memiliki peran penting dalam menciptakan interaksi dan pengalaman kepada pelanggan secara online. Selain itu melalui digital customer experience, Perusahaan mengantisipasi dan bereaksi secara cepat dan efektif terhadap kebutuhan pelanggan, dan benar-benar memahaminya.
Digital customer experience ini tidak hanya berlaku untuk Perusahaan yang menjalankan bisnis dalam skala besar, tetapi juga untuk para pelaku bisnis dalam skala yang lebih kecil, misalnya para penjual/ seller yang menjajakan jualannya melalui online maupun offline.
Berikut adalah 4 cara untuk meningkatkan Digital Customer Experience :
- Pastikan kesesuaian produk yang dijual
Saat melakukan transaksi jual beli online, terkadang barang yang dipromosikan di katalog memiliki perbedaan dengan barang asli yang sudah diterima pelanggan, ini, merupakan issue yang biasanya kita jumpai saat melihat feedback dari pelanggan di review toko di beberapa marketplace. Karena itu, pastikan kesesuaian antara katalog dan visual produk asli dengan tidak merubah warna/ bentuk produk yang dipasarkan.
- Berikan kejutan positif kepada pelangganBerikan kejutan yang di luar ekspektasi pelanggan dalam kesan yang positif sebanyak mungkin dan pertahankan hal tersebut, tetapi tetap inovatif dan kreatif agar dapat memberikan experience yang baik. Ini bisa kita temui di beberapa toko online maupun offline, seperti halnya pemberian tambahan produk gratis terhadap pelanggan yang sudah membeli produk. Kemasan yang menarik dan rapi juga bisa memberi kesan baik terhadap pelanggan. Tentunya, hal ini akan membuat para pelanggan merasa senang.
- Memberikan sentuhan emosi positif terhadap pelanggan.
Bagaimana penjual bisa memberikan emosi positif kepada para pelanggan setelah mereka membeli dan menggunakan produk. Misalnya, memberikan ucapan selamat hari ulang tahun bagi pelanggan, memberikan informasi mengenai after sales service, maupun sekedar menyapa pelanggan untuk menanyakan kepuasan maupun keluhan Pelanggan. Dari hal tersebut otomatis para pelanggan merasakan experience yang baik setelah menggunakan produk tersebut dan bisa lebih baik jika mereka menceritakan kepada orang lain terhadap kesan mereka terhadap bisnis yang yang kamu jalankan. Tentunya, hal ini sangat berdampak positif bagi bisnis penjual. Hubungan baik yang terjalin antara penjual dan pembeli yang saling memiliki ikatan aktif juga sangat baik untuk tujuan penjual dalam meningkatkan customer experience.
- Pembayaran praktis yang mempermudah pelanggan.
Sudah termasuk kewajiban dari penjual untuk selalu memberikan service yang maksimal dan efisien untuk pelanggannya. Seperti menyediakan pembayaran, ini sangat penting untuk meningkatkan customer experience di jaman yang sudah serba digital. Sudah umum bagi para pemilik toko offline/merchant untuk menyediakan pembayaran digital, contohnya adalah QRIS yang biasa kita temui di merchant masa kini. Penggunaan QRIS ini sangatlah praktis dikarenakan pelanggan dapat melakukan pembayaran dari berbagai alat transaksi elektronik yang mereka miliki. Selain itu, Perusahaan juga dapat menyediakan alternatif lain pembayaran online, baik menggunakan kerjasama dengan beberapa bank maupun dengan e-wallet payment.
Itulah beberapa cara untuk meningkatkan Digital Customer Experience.
Semoga bermanfaat ya!
Sumber : dari berbagai sumber.