Edukasi Konsumen
27 Desember 2024
Kiat-kiat Memperoleh Produk Pembiayaan

- Memastikan jumlah angsuran, jangka waktu (tenor) serta tanggal jatuh tempo angsuran pada saat penandatanganan perjanjian (kontrak) pembiayaan.
- Memastikan jumlah denda angsuran per hari apabila terlambat membayar angsuran serta biaya-biaya lain, seperti biaya pelunasan dipercepat dan sebagainya.
- Memastikan memiliki channel pembayaran yang luas dan terjangkau, misal Kantor Pos, ATM, Toko Swalayan dan sebagainya
- Memastikan memiliki call center (Pusat Layanan) yang dapat mengakomodir pertanyaan atau pengaduan nasabah
- Memastikan kemudahan proses klaim asuransi apabila terdapat kehilangan atau kerusakan atau kecelakaan atas barang yang dibiayai
- Memastikan periode waktu pengambilan barang jaminan (BPKB) setelah seluruh angsuran dan denda dilunasi
- Memastikan mendapatkan informasi yang jelas dan transparan dari Perusahaan Pembiayaan