Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat SLIK OJK menjadi salah persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin mengajukan permohonan kredit, baik untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), hingga kredit kendaraan 

Informasi dari SLIK akan dijadikan tolak ukur untuk lembaga pembiayaan dalam memberikan pinjaman ke debitur atau tidak. Lalu, bagaimana cara cek SLIK OJK secara online?  

Apa itu SLIK OJK? 

SLIK OJK adalah catatan informasi terkait riwayat debitur atau lembaga keuangan lain yang berisi lancar atau tidaknya pembayaran kredit. SLIK dikelola langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membantu dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, salah satunya penyediaan informasi debitur (iDeb). 

Adanya SLIK membuat cakupan iDeb menjadi lebih luas yang meliputilembaga keuangan bank, lembaga pembiayaan, dan lembaga keuangan non-bank yang memiliki akses data debitur serta kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID). 

Sedikit informasi, per tanggal 1 Januari 2018, layanan untuk mengakses informasi riwayat kredit sudah tidak lagi menggunakan BI Checking melainkan sudah beralih ke SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). 

Fungsi SLIK OJK 

Kehadiran SLIK OJK memiliki banyak fungsi, baik itu untuk lembaga keuangan (kreditur) maupun masyarakat (debitur). Berikut detail fungsinya: 

Kreditur 

  • Membantu kreditur dalam mencegah kredit macet (Non-Performing Loan) 
  • Menjadi dasar bagi kreditur untuk menganalisis dan menilai kelayakan calon debitur 
  • Mengefisiensi biaya operasional 
  • Mendorong transparansi pengelolaan kredit 

Debitur 

  • Membantu mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk proses pengajuan kredit serta penilaian kredit. 
  • Membuka akses kepada pemberi kredit tanpa harus memberikan jaminan. Ini berlaku untuk nasabah baru dan kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 
  • Membantu debitur maupun kreditur untuk terus menjaga reputasi kredit dengan baik. 

 

Prosedur Cek SLIK OJK Secara Online dan Offline 

Cara cek SLIK OJK bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan offline. Adapun langkah-langkah pengecekannya adalah sebagai berikut: 

Cara Cek SLIK OJK Online 

  1. Kunjungi laman SLIK OJK di https://idebku.ojk.go.id/Public/HomePage dan pilih menu “Pendaftaran” 
  2. Isi seluruh kolom pada halaman pendaftaran untuk mengcek ketersediaan layanan, kemudian klik “Selanjutnya” 
  3. Isi data diri registrasi secara lengkap dan benar 
  4. Isi proses BI Checking 
  5. Unggah identitas diri seperti KTP bagi WNI atau paspor bagi WNA 
  6. Unggah juga foto diri sesuai yang diinstruksikan 
  7. OJK akan mengirimkan nomor pendaftar melalui email 
  8. Cek status permohonan BI Checking melalui Status Layanan 
  9. Hasil BI Checking akan diproses OJK paling lambar 1 hari kerja setelah pendaftaran 

Penting digarisbawahi, sebelum mencoba cara cek SLIK OJK online melalui iDeb, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa dokumen yang dipersyaratkan, seperti: 

Dokumen untuk perseorangan 

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi WNI 
  • Paspor bagi WNA 

Dokumen untuk badan usaha 

  • Identitas pengurus (KTP atau paspor) 
  • NPWP badan usaha 
  • Akte pendirian atau anggaran dasar terkini untuk menunjukkan perubahan kepengurusan 

Dokumen untuk kreditur yang meninggal dunia 

  • Identitas ahli waris (KTP atau paspor) 
  • Kartu Keluarga atau dokumen yang menunjukan hubungan kekeluargaan 
  • Surat keterangan kematian debitur yang dikeluarkan oleh pihak berwenang 

Cara Cek SLIK OJK Offline 

  1. Mendatangi kantor OJK terdekat 
  2. Sampaikan maksud kedatangan Anda kepada petugas OJK, yaitu untuk mengambil formulir permintaan informasi debitur 
  3. Isi formulir tersebut dan serahkan kembali ke petugas OJK disertai dengan dokumen pendukung lainnya (rincian dokumen pendukung dapat dilihat di atas, namun apabila Anda tidak bisa datang langsung maka wajib membawa surat kuasa) 
  4. Petugas OJK kemudian akan melakukan verifikasi dokumen dan formulir 
  5. Jika telah sesuai, pemohon SLIK kan menerima hasil iDeb yang dimohonkan melalui email yang sudah didaftarkan saat melakukan registrasi 

Selain untuk mengecek, kedua cara di atas juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan SLIK OJK. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cara cek SLIK OJK online maupun offline, Anda bisa menghubungi kontak OJK melalui telepon 157, email konsumen@ojk.go.id, dan WhatApps 081-157-157-157. 

Cara Membaca Laporan iDeb SLIK 

Dalam website resmi ojk.go.id, dijelaskan  bagian-bagian yang terdapat pada laporan iDeb SLIK dan  contoh laporannya.  

Untuk memudahkan Anda, berikut penjelasan dari masing-masing bagian laporan iDeb SLIK: 

  1. Bagian informasi pencarian

Pada bagian ini menjelaskan kata kunci yang dipakai dalam pencarian, misalnya pencarian menggunakan Nomor NPWP. 

  1. Data pokok debitur

Bagian ini berisi data pokok debitur yang disampaikan oleh kreditur kepada OJK. Jumlah data pokok debitur yang muncul bisa bervariasi tergantung jumlah kreditur yang memberikan fasilitas. 
 

  1. Pemilik atau pengurus

Di bagian ini berisi informasi data pokok pemilik atau pengurus badan usaha. 

  1. Ringkasan fasilitas

Bagian Ringkasan Fasilitas berisikan catatan fasilitas yang didapatkan oleh debitur dari seluruh kreditur, mulai dari jumlah plafon, baki debet (sisa pokok pinjaman), kreditur, dan kualitas terburuk yang pernah didapatkan. 
 

  1. Kredit atau pembiayaan

Bagian Kredit atau Pembiayaan berisi rincian fasilitas yang diberikan oleh masing-masing kreditur. 

  1. Agunan

Pada bagian Agunan berisi rincian agunan yang dijaminkan oleh debitur kepada kreditur dalam rangka pemberian fasilitas penyediaan dana. 

  1. Penjaminan

Bagian Penjaminan berisi informasi mengenai penjamin fasilitas penyedia dana yang didapatkan oleh debitur. Namun, ini tidak termasuk penjamin dari pihak asuransi jiwa, asuransi kerugian, atau sejenisnya. 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Cek SLIK 

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menggunakan layanan SLIK OJK. 

  1. Gratis

SLIK adalah layanan publik yang bisa digunakan oleh siapa saja, baik itu perseorangan maupun badan usaha. Untuk menggunakannya, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Jadi, jika Anda menemukan oknum yang meminta sejumlah uang atau pemungutan dana harap dihiraukan. 

  1. Cepat

Proses pelayanan permohonan dan pembuatan SLIK tergolong cepat karena hanya membutuhkan waktu paling lambat 1 hari kerja.  

  1. Tidak bisa diwakilkan

Permintaan layanan SLIK tidak diwakilkan oleh siapapun karena untuk menjaga kerahasiaan data pribadi. Tapi, jika memang tidak bisa hadir secara langsung, OJK memberi keringanan dengan syarat membawa surat kuasa yang sudah dilengkapi materai 10.000. 

  1. Menyiapkan identitas asli

Untuk membuat permohonan SLIK OJK atas nama perorangan sebaiknya menyiapkan identitas asli, seperti KTP atau paspor. Sementara untuk badan usaha wajib menyediakan akta pendirian badan usaha dan identitas pengurus. 

BCA Finance Wujudkan Mimpi Nasabah Memiliki Mobil Impian 

Tidak bisa dipungkiri, memiliki kendaraan pribadi seperti mobil bukan lagi sebuah kebutuhan sekunder, melainkan primer. Ini karena kehadiran mobil membuat mobilitas sehari-hari menjadi lebih mudah.  

Kebutuhan akan kendaraan roda empat pun terasa semakin krusial, terlebih banyak pemukiman di Indonesia yang belum terintegrasi dengan moda transportasi yang memadai.  

Faktor lainnya adalah, bagi pasangan yang sudah menikah dan memiliki buah hati, mobil menjadi kendaraan wajib supaya bisa membawa seluruh anggota keluarga.  

Sayangnya, kondisi finansial yang terbatas sering kali menjadi penghalangan untuk membeli kendaraan. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak lembaga pembiayaan yang bersedia mewujudkan mimpi Anda untuk memiliki kendaraan impian, salah satunya adalah BCA Finance. 

BCA Finance memiliki empat produk unggulan yang fokus untuk membiayai mobil baru maupun mobil bekas. Keempat produk tersebut meliputi: 

  • Kredit kendaraan untuk mobil baru 
  • Kredit kendaraan untuk mobil bekas 
  • Kredit kendaraan untuk mobil komersil  
  • Kredit kendaraan untuk mobil listrik 

Selain memiliki produk yang bervariasi, BCA Finance juga menawarkan skema pembiayaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan finansial calon nasabahnya saat ini. Adapun beberapa skema pembiayaan BCA Finance yang dapat Anda pilih mencakup: 

  1. DP rendah

BCA Finance menyediakan skema pembiayaan DP rendah, yaitu 5% dari harga kendaraan. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk bisa memiliki mobil yang diidam-idamkan. 

  1. Bunga ringan

Selain uang muka yang rendah, bunga yang ditawarkan oleh BCA Finance juga ringan. Bunga untuk mobil baru misalnya, mulai dari 2,77% flat sampai 8,89% flat per tahun. Sementara untuk bunga mobil bekas dimulai dari 6,9% flat hingga 19,02% flat per tahun. 
 

  1. Pilihan tenor yang bervariasi

Angsuran tiap bulan merupakan kewajiban yang harus Anda laksanakan apabila memutuskan membeli mobil dengan skema kredit. Nah, agar angsuran bulanan tidak membebani pengeluaran bulanan (cash flow), BCA Finance menyediakan beragam tenor yang bisa dipilih sesuai kebutuhan calon nasabah, yaitu:  

  • Regular 1 sampai 4 tahun 
  • Fix &  Cap 5-6 tahun: Pada angsuran ini terbagi dalam 2 periode bunga yang berbeda agar calon nasabah dapat menggunakan bunga yang kompetitif dari awal periode pembiayaan. 
  • Mini for Max 8 tahun: Ini merupakan produk 4 tahun dengan mengalokasikan sisa nilai pokok hutang pada awal pembiayaan. Dengan adanya nilai residu kendaraan, maka angsuran pun akan jauh lebih ringan dan calon nasabah memiliki keleluasan untuk menentukan pilihan setelah tahun ke-4.  
     
    Jika sewaktu-waktu calon nasabah berencana untuk mengangsur nilai residu, maka ia dapat menggunakan bunga yang sudah dijanjikan di awal perjanjian. 
     
  1. Memiliki pilihan asuransi yang beragam

Keuntungan lain jika menggunakan BCA Finance sebagai pembiayaan mobil Anda adalah bisa memilih asuransi yang diinginkan. Jenis asuransi yang disediakan BCA Finance mencakup Comprehensive, Total Loss Only (TLO), kombinasi (Comprehensive + TLO), Total Loss Protection (TLP), dan Car Protection (CPR). 

Perlu diingat, biaya asuransi yang Anda bayarkan bisa berbeda tergantung wilayah Anda membeli kendaraan, tenor yang dipilih, jumlah pokok hutang, dan jenis/model kendaraan yang dipilih. 

Setelah mengetahui berbagai keuntungannya, yuk jangan ragu gunakan BCA Finance untuk bantu wujudkan mimpi Anda memiliki mobil impian.