Jangan lupa untuk cek biaya pajak mobil agar Anda bisa menyiapkannya di setiap tahun. Tentu saja pajak mobil harus selalu dibayarkan tepat waktu agar tidak terkena denda dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tetap aktif.  

Biaya pajak kendaraan bermotor tidak ditentukan dari seberapa besar penghasilan pemiliknya. Tarif pajak mobil maupun motor ditentukan dari penyesuaian nilai jual kendaraan bermotor yang dievaluasi tiap tahun. Karena alasan inilah, besaran biaya pajak kendaraan bermotor dari tahun ke tahun dapat berubah.  

Pajak kendaraan bermotor juga bisa lebih mahal jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan di satu rumah. Ini dinamakan tarif pajak progresif. Di mana ketentuan dari biaya pajak progesif tersebut adalah kepemilikan kendaraan bermotor pertama dikenakan biaya paling 1—2 persen. Kepemilikan kendaraan bermotor kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya akan dikenakan biaya 2—10 persen.  

Cara Cek Biaya Pajak Mobil via Online  

Karena besaran biaya pajak yang bisa berubah dari tahun ke tahun, penting untuk memahami cara cek biaya pajak mobil tahunan Anda. Teknologi kini memudahkan Anda untuk memperoleh informasi mengenai biaya pajak mobil atau motor hanya dengan mengeceknya lewat ponsel pintar di rumah.  

Setidaknya, ada tiga cara mengecek biaya pajak mobil secara online yang bisa dicoba untuk diaplikasikan. Berikut ini adalah beberapa pilihan pengecekan pajak secara online yang dapat memudahkan Anda.  

  • Website Samsat  

Cara cek biaya pajak mobil termudah sebenarnya cukup mendatangi laman resmi alias website Samsat. Bukan hanya bisa mengetahui biaya pajak kendaraan, berbagai informasi lain juga dapat diperoleh dari situs resmi ini, seperti tanggal jatuh tempo pajak kendaraan.  

Namun ingat, website resmi Samsat bisa saja berbeda antar tiap wilayah. Jakarta merupakan salah satu wilayah yang sudah memiliki situs resmi Samsatnya sendiri.  

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan cek biaya pajak mobil beserta tanggal jatuh temponya secara online lewat website Samsat.  

Buka website resmi Samsat 

Jika melalui ponsel, Anda bisa membuka situs resmi Samsat lewat di samsat.info. Sementara itu jika ingin membuka situs resminya lewat laptop atau komputer, Anda bisa mengunjungi situs resmi berdasarkan daerah, seperti www.jakarta.go.id/e-samsat untuk DKI Jakarta atau bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ untuk Jawa Barat.  

Isi Data  

Setelah masuk ke situs resmi, isilah data kendaraan untuk bisa mengecek biaya pajak mobil. Umumnya, Anda perlu mengisi nomor polisi kendaraan disertai nomor induk kependudukan pada kolom yang tersedia di situs tersebut. Setelah itu, klik untuk melanjutkan proses.  

Pantau Biaya Pajak  

Setelah pengisian data, Anda akan mendapatkan informasi mengenai seberapa besar biaya pajak yang mest dibayarkan. Tapi hati-hati, biaya pajak yang ditampilkan di website belum termasuk denda keterlambatan maupun pajak progresif. 

  • Aplikasi e-Samsat   

Samsat memiliki aplikasi khusus yang bisa memudahkan pemilik kendaraan untuk mengecek biaya pajak mobil atau motornya secara online. Apikasi e-Samsat tersebut dikenal dengan nama Sambara. Kelebihan dari aplikasi ini tidak hanya membantu melakukan pengecekan biaya pajak, melainkan juga menghadirkan berbagai menu lain terkait perpajakan kendaraan.  

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengecek biaya pajak mobil secara online lewat aplikasi Sambara.  

Unduh aplikasi  

Anda dapat mengunduh aplikasi e-Samsat ini di Playstore. Anda bisa mengunduh aplikasi Sambara atau Samsat Online Nasional.  

Segera log-in 

Anda bisa log-in ke aplikasi e-Samsat ini dengan memasukkan data diri dan data kendaraan terlebih dahulu. Pastikan tidak salah dalam memasukkan nomor induk kependudukan maupun nomor polisi kendaraan Anda.  

Pilih menu pendaftaran  

Ada beberapa pilihan menu dalam aplikasi e-Samsat ini. Untuk mengecek biaya pajak mobil atau motor, pilihlah menu Pendaftaran. Di menu ini, akan ada instruksi pengisian formulir untuk keperluan pengecekan pajak kendaraan.  

Isi formulir 

Isi formulir dengan data yang akurat. Setelah formulir selesai diisi, Anda akan mendapatkan informasi mengenai nilai pajak, tanggal jatuh tempo pajak, sampai jatuh tempo dari surat tanda nomor kendaraan (STNK). 

Dapatkan opsi pembayaran 

Anda juga akan mendapatkan kode bayar perbankan jika mengisi formulir pajak kendaraan tersebut. Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa pilihan pembayaran untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan terkait. Pembayaran umumnya bisa dilakukan di bank-bank yang sudah bekerja sama, seperti bank-bank BUMN, bank daerah, juga bank swasta, seperti BCA.  

  • SMS 

Pilihan terakhir untuk melakukan cek biaya pajak mobil secara online adalah dengan memanfaatkan pesan singkat alias SMS. Pengecekan pajak melalui SMS hanya bisa untuk jenis pajak tahunan, bukan pajak lima tahunan.  

Hanya saja, pengecekan pajak kendaraan melalui SMS baru bisa dilakukan di beberapa provinsi di Indonesia. Jika tinggal di area Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur; pengecekan melalui SMS baru bisa dilakukan.  

Melakukan pengecekan pajak kendaraan lewat SM cukup dengan mengetik kode provinsi yang dilanjutkan dengan nomor plat kendaraan. Sebagai contoh, kode pengecekan pajak kendaraan di Jakarta adalah Metro sementara di Jawa Barat adalah poldajbr. 

Jadi jika nomor kendaraan Anda adalah B9876 SKG, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan dengan mengirim SMS dengan format METRO (spasi) B9876 SKG, lalu kirim ke 1717.  

Pastikan pembayaran pajak kendaraan dilakukan sebelum jatuh tempo untuk menghindari risiko denda. Untuk mobil, denda keterlambatan pembayaran pajak mobil bisa mencapai 25 persen dalam satu tahun.  

Karena itulah, pembayaran pahak tepat waktu menjadi sangat krusial. Apalagi saat ini, sudah bayar cara mengecek biaya pajak mobil maupun motor secara online. Kalaupun merasa canggung dengan perangkat online, Anda bisa datang ke kantor Samsat terdekat untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan.  

Dapatkan Kemudahan dan Keuntungan Terbaik Kredit Mobil Bersama BCA Finance 

Anda sedang mencari mobil baru? Tak perlu bingung mulai dari mana. Langsung saja kunjungi BCA Finance yang menawarkan banyak pilihan mobil. 

BCA Finance adalah solusi lembaga pembiayaan terpercaya yang dapat membantu Anda memiliki mobil idaman secara mudah dan aman. BCA Finance akan mendukung pembiayaan mobil Anda dengan berbagai keuntungan mulai dari uang muka yang ringan, suku bunga bersaing, hingga masa tenor yang panjang untuk kredit mobil. 

Sebelum melakukan transaksi, Anda juga dapat melakukan simulasi kredit mobil terlebih dulu di website BCA Finance. Dengan simulasi kredit ini, Anda dapat memprediksi lama waktu dan jumlah cicilan yang harus dipenuhi setelah melakukan transaksi. Cicilan tersebut pun dapat disesuaikan dengan rasio dan limit kredit Anda. 

Segera lakukan simulasi kredit mobil baru Anda di BCA Finance. Dapatkan kemudahan dan keuntungan terbaik melakukan kredit mobil bersama BCA Finance.