Salah satu hal yang mesti disiapkan ketika membeli atau melakukan kredit mobil bekas adalah menyiapkan biaya balik nama. Proses balik nama mobil menjadi cara agar Anda memiliki tanda bukti resmi kepemilikan dari kendaraan tersebut.  

Dengan melakukan balik nama mobil, Anda pun akan lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Ini karena dengan nama pemilik yang telah disesuaikan, tidak perlu lagi meminjam identitas diri, seperti KTP, dari pemilik sebelumnya tiap kali hendak membayar pajak kendaraan bermotor tahunan.  

Proses balik nama mobil sebenarnya tidak sulit. Selain menyiapkan biaya balik nama, berikut ini adalah berbagai tips agar proses pengurusan balik nama kendaraan Anda berjalan lancar.  

Dokumen yang Perlu Disiapkan  

Sebelum melakukan tahapan cara pengurusan, sebaiknya siapkan dahulu dokumen apa saja yang mesti dibawa serta dalam proses balik nama mobil. Berikut adalah dokumen-dokumen yang wajib dilengkapi saat melakukan proses balik nama secara perseorangan.  

  • KTP 

Siapkan fotokopi KTP dari pemilik baru kendaraan tersebut. Pastikan KTP masih berlaku. 

  

  • STNK  

Proses balik nama mobil memerlukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang asli. Apabila STNK hilang, buatlah surat laporan kehilangan dari kepolisian yang disertai dengan foto kendaraan dari keempat sisi.  

  • BPKB 

Jangan lupa menyiapkan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dalam mengurus biaya balik nama mobil Anda. Karena pada proses pengurusan, petugas akan meminta BPKB asli.  

  

  • Kartu Keluarga 

Kartu keluarga dari pemilik baru kendaraan juga perlu dipersiapkan. Pastikan menyertakan kartu keluarga yang nama dan alamat pemilik sama dengan yang ada di KTP yang dilampirkan.  

  

  • Bukti Jual Kendaraan 

Proses balik nama mobil juga memerlukan bukti jual kendaraan yang sah. Pastikan kuitansi pembayaran kendaraan tersebut Anda lampirkan dalam dokumen persyaratan balik nama mobil.  

  

  • Surat Kuasa Balik Nama Mobil 

Jika melakukan kredit mobil, proses balik nama sangat mungkin dibantu oleh lembaga pembiayaan. Pada kondisi tersebut, perlu dilampirkan surat kuasa balik nama mobil yang asli dalam prosesnya. 

  

  • Gesek Rangka Mesin 

Perlu ada pemeriksaan mobil pada saat proses balik nama diajukan. Dokumen asli gesek rangka mesin wajib dengan kendaraan hadir di Samsat pun menjadi kewajiban dalam proses ini. Tidak lupa sertai dengan foto kendaraan dan pemiliknya yang sudah distempel oval. 

Cara Mengurus Balik Nama Mobil  

Ada beberapa tahapan dalam mengurus balik nama mobil. Berikut adalah langkah-langkah proses balik nama mobil supaya Anda tidak bingung lagi dalam pengurusannya.  

  • Balik Nama STNK 

Pertama-tama dalam proses balik nama, Anda perlu terlebih dahulu melakukan perubahan nama di STNK mobil. Datanglah ke kantor Samsat untuk proses ini. Petugas Samsat akan mengarahkan untuk melakukan cek fisik kendaraan dan mengisi formulir blangko fisik. Jangan lupa mengecek kembali nama, alamat, jenis mobil, dan rangka mesin sudah sesuai atau belum di STNK baru yang sudah di balik nama.  

  

  • Balik Nama BPKB Mobil 

Apabila sudah mendapatkan STNK baru yang telah dibalik-nama, Anda tinggal mengurus balik nama BPKB. Tahapan dalam proses balik nama di BPKB adalah kembali mengisi formulir di Samsat dan membayar sejumlah biaya balik nama mobil untuk BPKB. Setelah pembayaran lunas, isi formulir dan tempelkan stiker khusus dari bank yang diberikan petugas. Jika sudah, Anda perlu menunggu waktu beberapa hari untuk memperoleh BPKB baru. Nantinya, petugas yang akan menghubungi Anda jika BPKB baru telah terbit.  

Biaya Balik Nama Mobil 2024  

Setelah tahu cara mengurusnya, lalu bagaimana dengan biaya yang mesti disiapkan? Sebenarnya, biaya mutasi dan balik nama mobil ada beberapa komponen. Berikut adalah detail biaya yang mesti dipersiapkan dalam proses balik nama mobil.  

  • Bea Balik Nama 

Bea balik nama umumnya mencapai 1 persen dari nilai jual kendaraan bermotor. Jadi jika nilai jual mobil yang mau dibalik nama adalah Rp300 juta, bea balik nama yang mesti dibayarkan mencapai Rp3 juta.  

  

  • Biaya Penerbitan STNK 

Biaya penerbitan STNK untuk kendaraan bisa berkisar Rp100.000 sampai Rp200.000. Nilai pasti biaya penerbitan akan diketahui ketika Anda sudah mengajukan proses ini di Samsat terkait.  

  

  • Biaya Penerbitan BPKB 

Yang harus diperhatikan dalam biaya mutasi dan balik nama mobil lainnya adalah biaya penerbitan BPKB. Biaya penerbitan buku kepemilikan untuk monil umumnya senilai Rp375.000.  

  

  • Biaya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Dalam proses balik nama mobil, nomor polisi dari kendaraan akan ikut diganti. Oleh karenanya, akan ada biaya untuk tanda nomor kendaraan bermotor yang baru. Untuk mobil, biayanya ada di kisaran Rp100.000.  

  

  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas 

Komponen lain dari biaya balik nama mobil adalah sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas. Besaran biaya dari komponen ini sejumlah Rp143.000. 

  

  • Pajak Kendaraan Bermotor 

Biaya balik nama mobil lainnya yang mesti disiapkan adalah biaya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Besaran pajak kendaraan bermotor cenderung sama setiap tahun atau bahkan dapat menurun seiring bertambahnya usia kendaraan.  

Jadi jika ditotal, biaya mutasi dan balik nama mobil yang harga jualnya Rp300 juta sejumlah Rp3.768.000. Jumlah tersebut belum ditambah dengan biaya pajak kendaraan bermotor tersebut.  

  

***  

Merasa kesulitan dengan proses balik nama mobil? Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan kredit mobil yang lebih mudah. Agar lebih yakin, lakukan simulasi kredit dan kredit mobil impian di BCA Finance. BCA Finance menghadirkan pembiayaan kendaraan yang cepat, aman, dan terpercaya bagi Anda yang tengah mendambakan kendaraan impian.  

Sejumlah keunggulan BCA Finance akan membuat Anda super nyaman membeli kendaraan impian di lembaga pembiayaan ini. Selain itu jika diperlukan, pengurusan balik nama konsumen BCA Finance pada masa kredit mobil akan dilakukan melalui BCA Finance, karena BPKB masih menjadi jaminan dan belum diterima oleh pihak kreditur. 

Anda bisa menemukan banyak pilihan mobil di BCA Finance. Tersedia pula pilihan uang muka yang terjangkau sampai bunga yang bersaing. Bahkan untuk mobil second, tersedia opsi uang muka sampai 0 persen! Jadi, makin tidak ragu untuk kredit mobil di BCA Finance, bukan?